Easy Bussiness

Tips Bisnis Laundry

Tips Bisnis Laundry

Tips Bisnis Laundry | Mau bisnis Laundry ?
Ini tipsnya !
Anda mau membangun Bisnis laundry tapi bingung bagaimana caranya dan dari mana mulainya ? Tidak perlu khawatir artikel ini akan membantu anda untuk mengatasi semua itu.
Usaha Bisnis laundry adalah usaha rumahan yang sering dibutuhkan orang. Terlebih kini bekerja sudah menjadi rutinitas setiap orang, sehingga tidak sedikit orang yang enggan ataupun malas mencuci pakaian mereka karena tersitanya waktu luang oleh pekerjaan. Laundry adalah jalan keluar untuk membantu permasalahan dari setiap orang yang mengalami kesibukan cukup padat tersebut. Jika anda Mau Mempelajari Manajemen Bisnis Orang tersebut  dalam manajemen bisnis menjadi target atau sasaran pelanggannya. Usaha Laundry terbilang cukup mudah dilakukan dan untuk pengelolahannya tidak rumit.
Tips Bisnis Laundry

Strategi  Membangun Bisnis Laundry :
1. Rencanakan dengan matang
Sebelum anda memulai usaha laundry anda bangun perecanaan konsep terlebih dulu. Mengenai cara, harga, Proses pelaksanaan, dan ketentuan – ketentuan lain yang akan dibangun dalam usaha laundry anda. Tentukan pula tenaga kerja yang akan membantu anda mengurus laundry serta pembagian tugas yang jelas. Tidak ketinggalan modal yang dirasa cukup juga perlu dipertimbangkan dalam menekuni Bisnis Laundry ini. Mengingat yang kita tawarkan adalah jasa kepada masyarakat. Dan dalam perjalanannya bisnis ini menggunakan beberapa property yang dibutuhkan seperti property utama yaitu mesin cuci. Harga properti ini memang cukup bervariasi, namun disarankan anda menggunakan alat ini dengan kualitas yang dapat membantu anda dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Perlengakapan/ peralatan
Pilih perlengkapan dan peralatan yang mudah untuk dijalankan dan pastikan kualitasnya diatas rata – rata seperti yang kami sampaikan diatas tadi untuk menghindari cepat rusak, sehingga tidak terjadi pemborosan. Peralatan umum yang harus dipenuhi usaha laundry adalah  mesin cuci, keranjang baju, kastok/ hanger, plastik, penembak stempel nama pemilik, kain kasa,  pewangi,  timbangan, setrika, stapless dan nota.

3. Bahan baku
Bahan baku laundry secara umum mulai dari deterjen pencuci, cairan pewangi, cairan pelembut kain, sampai dengan cairan pelicin pakaian. Semua cairan ini adalah bahan kimia usahakan bahan yang dipakai aman bagi kain/pakaian yang dicuci, aman bagi kulit/kesehatan karyawan dan aman bagi lingkungan (berkaitan dengan limbah). Karena jika tidak, ini akan mempengaruhi citra pelayanan yang diberikan dari bisnis yang anda bangun. Tidak dapat dipungkiri bahwa cita yang baik di masyarakat akan mempengaruhi eksistensi suatu perjalanan usaha atau bisnis.

4. Cari tempat
Dalam memilih tempat untuk usaha laundry pastikan tempat yang cukup strategis misalnya, Lingkungan sekolah, kampus dan lingkungan perkantoran. Karena tidak sedikit dari mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu diluar. Sehingga terkadang tidak sempat atau enggan untuk mencuci. Hal tersebut tentunya akan menjadi peluang besar bagi anda dalam memiliki pelanggan yang banyak.

5. Tenaga kerja
Carilah tenaga kerja yang loyal, supel, jujur dan mau bekerja keras serta terampil dalam memperlakukan pakaian berdasarkan bahan dan warnanya. Anda sebagai pemilik usaha laundry juga harus mampu melatih dan menjadi contoh yang baik untuk karyawan anda. Ciptakan suasana kerja yang nyaman agar karyawan anda  merasa nyaman saat bekerja. Karena hampir seluruh  waktunya dihabiskan ditempat kerja.

6. Promosi
Langkah utama melakukan promosi adalah memasang identitas laundry anda dalam tas pembungkus pakaian laundry. Langkah promosi lainnya dapat dilakukan dengan menyebar dan menempel brosur di tempat – tempat umum serta melakukan promosi melalui jejaring sosial.

7. Utamakan layanan
Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama suatu usaha laundry. Kemaslah secara menarik maka konsumen pun akan berterimakasih dan datang kembali berturut-turut membawa cucian yang lebih banyak dan berikanlah tas yang beridentitas bisnis kita sebagai langkah promosi murah meriah. Jika perlu gunakan sistem kupon “ laundry 8x dapat gratis laundry 1 kg serta berikan garansi yang paling umum seperti mengganti cucian yang hilang atau rusak dengan nilai rupiah tertentu. Banyak layanan dapat membuat pelanggan betah yang dapat anda terapkan selain diatas tadi seperti bonus, diskon atau potongan harga, atau event lainnya.

8. Selalu Evaluasi
Usaha yang berkembang adalah usaha yang terbuka dan mau  menerima kritik serta saran dari pelanggannya, bila perlu sediakan kotak saran. Balaslah setiap keluhan pelanggan dengan senyuman dan berilah jawaban yang memuaskan hati pelanggan anda. Lakukan evaluasi secara rutin mengecek agar kesalahan – kesalahan yang terjadi tidak berlarut – larut. Teruslah belajar untuk menjadi yang lebih baik karena sesungguhnya hidup ini penuh dengan pelajaran yang berarti, dan semuanya tidak serta-merta terjadi secara kebetulan. Kehidupan kita sesungguhnya sudah disiapkan manajemen yang rapi, tinggal kita mau atau tidak menggunakan manajemen tersebut.

Semoga sedikit paparan diatas dapat membantu anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis laundry anda. Namun hal yang paling utama harus dilakukan dalam memulai usaha adalah doa dan tawakal agar usaha yang anda bangun senantiasa diberi kelancaran.

..........................Semoga berhasil ^_^..........................




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Moh yazid, Published at 00:24 and have 0 comments

No comments:

Post a Comment