Easy Bussiness

Tips memanajemen karyawan

Tips memanajemen karyawan

Tips memanajemen karyawan | Karyawan adalah orang yang menghabiskan hampir seluruh harinya diruang kerja. Terkadang karyawan mudah menjadi bosan atau jenuh  menjalani tugas mereka, mengantuk kurang fokus sehingga berpengaruh kepada menurunnya daya produktifitas mereka dalam bekerja. Hal ini dapat berakibat buruk pada usaha yang anda kelola. Sebagai seorang pemimpin anda harus memiliki strategi – strategi khusus untuk membuat karyawan anda tetap merasa nyaman saat bekerja dan tidak merasa bahwa pekerjaannya adalah tuntutan anda.
 Berikut sedikit TIPS dalam memanajemen karyawan yang dapat saya berikan :

Motivasi karyawan anda sesering mungkin
Memberikan dorongan dan motivasi untuk giat bekerja sesering mungkin, mulailah dengan sapaan – sapaan ringan dipagi hari dengan diselipi dorongan untuk giat bekerja. Jika mereka telah mencapai target yang Anda tentukan, berilah mereka sedikit pujian dalam bentuk reword berupa benda fisik, tambahan gaji atau  bisa juga dengan cuti satu hari, dengan demikian mereka akan merasa senang dan makin bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas mereka.
Tunjukan bahwa anda menanamkan kepercayaan pada karyawan anda.

Beri istirahat cukup
Karyawan adalah orang yang telah bekerja keras untuk usaha anda dan kesehatan mereka adalah harta anda. Jadi pertimbangkan waktu kerja dengan waktu istirahat yang anda berikan pada mereka. Jangan terlalu memforsis pekerjaan mereka. Berilah waktu libur minimal satu hari dalam satu minggu / weekend, agar mereka masih bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, Sehingga pekerjaan yang anda berikan tidak terkesan memforsir karyawan anda.

Ciptakan suasana kekeluargaan
Berikan kepercayaan kepada mereka dalam melakukan tugasnya. Dalam mengambil keputusan coba anda dengarkan ide-ide dan saran mereka, sesekali bukalah diskusi bersama karyawan anda agar mereka juga turut mengapresiasi hasil kerja mereka selama ini. Ciptakan suasana yang nyaman misalnya dengan penataan ruang yang nyaman agar karyawan anda betah berlama – lama bekerja. Suasana yang nyaman juga bisa anada lakukan dengan cara tidak terlalu memperlihatkan skat antara pimpinan dan bawahan. Jika perlu apada hari – hari libur nasional adakan acara liburan bersama karyawan anda serta keluarganya.

Hal semacam ini akan menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam lingkungan usaha anda. Jadi karyawan tidak hanya dianggap sebagai pekerja yang mendapat upah saja, melainkan patner yang selalu membantu anda kapanpun anda butuhkan. Namun terkadang trategi kepemimpinan ini cukup rentan akan suatu kesalahan, karena belum tentu karyawan yang Anda beri kepercayaan benar-benar mengerjakan tugasnya sesuai dengan harapan Anda. Namun tidak ada salahnya sebagai seorang pemimpin anda mencoba memnberikan kepercayaan serta tanggung jawab besar pada karyawan anda. Karena “usaha yang berkembang pastilah terdapat tangan – tangan handal dibelakangnya”.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Moh yazid, Published at 01:49 and have 0 comments

No comments:

Post a Comment