Easy Bussiness

Tips Bisnis Sukses Pemula

Tips Bisnis Sukses Pemula

Tips Bisnis Sukses Pemula | Anda ingin memulai bisnis ? 
Mulailah dari usaha kecil ...
Banyak orang tertarik memulai bisnis, dari bisnis rumahan sampai dengan bisnis yang mampu memberi omset cukup besar. Perusahaan sukses bernilai miliaran bahkan triliunan yang sering anda temui, tidak serta merta begitu saja besar dan sukses. Semua usaha pastilah dimulai dari bawah dan kecil.
Dan mungkin, anda yang saat ini sedang membaca artikel ini, juga sedang mulai menggali informasi tentang bagaimana memulai bisnis dari usaha kecil...”
Betul…?
Artikel ini berusaha membantu anda untuk memulai usaha kecil anda agar mampu berdaya saing. Pada artikel kali ini saya menuliskan sedikit tips – tips sukses memulai usaha kecil anda.
Tips Bisnis Sukses Pemula


Tips Bisnis sukses Pemula :

1. Belajar/ Berguru
Mencari dan mempelajari contoh usaha sukses yang ada disekeliling. Bukan mencontoh usahanya tapi contohlah kiat sukses serta ketekunannya.

2. Survei Agen.
Jika usaha anda bergerak dalam bidang manufaktur / memproduksi barang secara fisik maka anda perlu mencari pusat bahan baku yang tepat. Carilah pusat bahan baku usaha anda dari tempat yang terpercaya baik segi kualitas produknya  maupun  pelayanannya. Perhitungkan jarak yang ditempuh dari lokasi usaha dari pusat bahan baku. 

3. Carilah Partner Dalam berinvestasi.
Setiap hal yang ingin berkembang pastilah memiliki resiko, termasuk bisnis. Karena bisnis adalah perjalanan perputaran uang. Oleh karena itu carilah partner yang sudah anda percaya, mengapa demikian ? Karena bekerjasama akan memudahkan anda  dalam hal modal dan jika nantinya ada yang berjalan tidak sesuai rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, sehingga anda tidak akan dikejar – kejar utang.

4. Perbudak diri sendiri.
Fokuskan diri anda pada usaha yang sedang anda  tekuni. Tanamkan prinsip tidak mudah percaya pada orang lain.Apakah itu perlu ? Sangat perlu. Karena jika anda tidak mudah percaya pada orang lain, maka anda akan melakukan semuanya sendiri tanpa berfikir untuk secepatnya mencari karyawan.

5. Tenaga Kerja.
Jika usaha anda mulai berkembang hingga anda mendapat kesulitan mengelolanya sendiri. maka saat itu, adalah waktunya bagi anda untuk merekrut karyawan. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha. Carilah tenaga kerja yang loyal, supel, jujur dan mau bekerja keras serta terampil dalam melayani pembeli. Dalam merekrut karyawan ini perlu perhatian Anda sebagai pemilik usaha, disamping keuangan yang perlu diperhitungkan untuk gaji mereka tentu ada hal lain yang perlu anda perhatikan. Anda sebagai pemilik usaha juga harus mampu melatih dan menjadi contoh yang baik untuk karyawan anda. Ciptakan suasana kerja yang nyaman agar karyawan anda  merasa nyaman saat bekerja. Karena hampir seluruh  waktunya dihabiskan ditempat kerja.

6. Promosi.
Bentuk promosi yang paling mudah dilakukan adalah dari mulut kemulut. Langkah lain  melakukan promosi adalah memasang identitas usaha anda dalam tas bengkus. Langkah promosi lainnya dapat dilakukan dengan menyebar dan menempel brosur di tempat – tempat umum serta melakukan promosi melalui jejaring sosial. 
 Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan situs social media lain yang anda paham. Setahu saya, ini adalah cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis Anda. Apalagi jika Anda mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu.Serta sering – serimglah mengikuti pameran – pameran atau lakukan promo produk – produk khusus untuk menarik hati pembeli.

7. Harus Balik Modal. 
Sebagai penyemangat anda dalam menekuni usaha kecil anda berorientasilah pada modal awal yang anda gunakan untuk memulai usaha anda dulu seperti dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak dan kembalikan modal tersebut pada nominal semula, barulah anda memikirkan mengenai  seberapa besar laba yang anda dapat dari usaha yang anda tekuni sekarang. 

8. Gunakan teknologi. 
Untuk menunjang kegiatan usaha anda gunakan teknologi – teknologi yang dapat membantu terlaksananya usaha anda secara cepat dan efisien seperti mesin kasir, atau teknologi – teknologi lain yang relatif murah namun berdaya guna. Teknologi hanya sebagai alat bagi anda dalam mempermudah pekerjaan, dan  selain itu penggunaan teknologi akan menambah nilai tambah dari usaha yang anda geluti, hal ini dapat menarik perhatian pelanggan. Namun, jika keuangan anda tidak mendukung, janganlah terlalu memaksakan. Jika anda memaksakan penggunaan teknologi baru, dikhawatirkan laba yang anda dapatkan tidak dapat mengejar arus teknologi yang selalu Update setiap tahun bahkan setiap pekannya.

9. Jaga hubungan baik dengan suplier.
Perlakukan suplier anda sebaik mungkin. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan Anda, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

10. Tekuni dan Selalu Evaluasi.
Modal awal dalam menjalankan bisnis kecil hingga menjadi bisnis yang berhasil adalah tekun. Jangan mudah putus asa. Tidak ada untung akhirnya berpindah – pindah usaha, bangun lagi, ganti usaha lagi. Hal seperti itu hanya akan menghabiskan modal saja serta keahlian yang anda milikipun bukannya berkembang malah berganti ganti saja  alias Cuma lewat saja.
Lalu Usaha yang berkembang adalah usaha yang terbuka dan mau  menerima kritik serta saran dari pelanggannya, bila perlu sediakan kotak saran. Balaslah setiap keluhan pelanggan dengan senyuman dan berilah jawaban yang memuaskan hati pelanggan anda. Lakukan evaluasi secara rutin mengecek agar kesalahan – kesalahan yang terjadi dapat segera diatasi. 

Pembaca artikel yang budiman, Pada dasarnya semua usaha yang anda lakukan bergantung pada seberapa kuat dan tangguhnya anda dalam menekuni usaha anda, Doa serta dukungan orang sekitar turut mempengaruhi kemajuan usaha anda. 
Semoga sedikit coretan diatas dapat menjadi referensi anda dalam membangun usaha kecil anda menjadi suatu usaha yang mampu berdaya saing.

Semoga berhasil





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Moh yazid, Published at 02:01 and have 0 comments

No comments:

Post a Comment